Banner

Kamis, 16 Desember 2010

Bekerja Sebagai Teamwork

By : M. Rusdi


Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, terkadang tak hanya merupakan tanggung jawab satu orang saja tetapi merupakan tanggung jawab bersama. Meski dalam hal keberhasilan, tak hanya nama sebuah tim yang terdengar tetapi nama seorang pemimpin menjadi taruhannya, sehingga bermain dan bekerja sebagai tim ataupun anggota tim yang handal menjadi satu keahlian yang diperlukan dalam bekerja.

Dalam Bekerja, kemampuan dan kerja teamwork, memang tak akan lepas, meski memang sebagai pemimpin sebuah tim juga harus mampu menggerakan timnya, untuk menggerjakan sebuah pekerjaan. Namun demikian, sebuah ide yang pandai dan bekerja keras seseorang tidak akan bisa dicapai jika tidak dikerjakan oleh sebuah tim yang kuat.

Bicara tentang TeamWork, mau tak mau kita akan berbicara tentang Loyalitas. Adakah Loyalitas anda sebagai Anggota tim sebagai tolok ukur keberhasilan anda sebagai pekerja yang baik yang telah memberikan perfomance yang baik? Terkadang kita harus mampu melihat apa yang ada dibalik sebuah dinding, atau Think outside the box. contoh, Anda seoarang pemain teamwork yang bisa diandalkan, namun adakah kiranya anggota lain akan melakukan pengorbanan yang sama seperti apa yang anda lakukan? Jangan berharap banyak akan hal tersebut dan jangan sakit hati jika anda menemukan beberapa kolega yang bisa menjadi seorang Pengkhianat, bisa saja akan menusuk anda dari belakang atau mengambil ide anda.

Bekerja dalam sebuah tim berarti anda harus siap jika kemauan anda akan dikorbankan untuk kemjuan tim, sebenarnya saat anda memasuki sebuah organisasi sudah ada beberapa hal yang "terpaksa" dikorbankan untuk menyesuaikan ritme kerja dengan organisasi. Apa keuntungan anda bekerja dengan memberikan perfomance yang baik jika sebuah tim belum tentu memberikan yang anda inginkan atau memberi yang terbaik untuk anda?

Bekerja dalam sebuah tim bukan berarti anda akan mendapatkan segala yang diinginkan. Atau mempunyai ekspektasi tinggi akan suatu keberhasilan yang telah anda perhitungkan sebenarnya. Inilah yang terkadang membuat seorang pekerja atau anggota tim kecewa dan merasa dikhianati. anda merasa telah memberikan semua effort dan kerja keras serta ide yang bisa diberikan pada sebuah organisasi dalam bentukan teamwork yang bagus. Ternyata Organisasi tidak memberikan reward yang sepadan seperti yang anda inginkan.

Sebenarnya dalam hal pekerjaan didalam tim, jangan kecewa jika ide anda tidak diiuktsertakan dalam proses pengerjaan suatu pekerjaan,atau jika ide anda seperti " hilang" begitu saja. Karena hasil pekerjaan dari suatu tim yang harus dan akan dilihat adalah input yang telah anda berikan pada kerja tim tersebut. Meskipun tak semua pekerjaan atau ide berasal dari anda, tetapi hasil keringat dan pemikiran andalah yang menjadi salah satu faktor keberhasilan kerja Tim. Ini yang perlu anda ingat dan bisa dijadikan nilai tambah bagi karir anda. Jika dimisalkan, Kalau anda mengecat kamar, dan tidak bisa memilih warna yang akan digunakan, anda telah ikut serta mengecat kamar tersebut dan bukan masalah jika kamar tersebut tidak bisa anda miliki,setidaknya ada hasil keringat anda disana.

Jika anda ditanya " untuk apa  Anda bertahan dalam satu organisasi atau tim ? Ada banyak sebab mengapa anda perlu bertahan. Salah satunya merupakan media yang baik bagi anda sebagai pemula atau sebagai orang yang akan belajar sebagai seorang pemimpin,untuk belajar. Belajar apa ? Apa saja, Karakter setiap anggota tim, ataupun menghadapi dan memecahkan masalah. Kedua, menambah pengalaman, dengan bertahan dalam waktu yang cukup signifikan, anda akan lebih matang dalam menghadapimasalah yang bisa timbul dalam sebuah bidang, Anda sudah semakin tahu apa yang harus dilakukan.

Yang ketiga,terpaan atas pekerjaan itu sendiri, artinya apa yang anda dapat saat bekerja di tim tersebut, apakah kolega - kolega yang baik dan enak di ajak bekerja sama,suasana atau lingkungan kerja yang mendukung, ini tentunya akan memuluskan karir anda secara tidak langsung. Semakin baik suasana kerja yang didapat semakin baik pula hasil pekerjaan yang akan didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar