Banner

Jumat, 17 Desember 2010

Kegagalan adalah Kunci Kesuksesan

By : M. Rusdi         



Anda mau pilih arah jalan yang mana ?

Salah satu rahasia kesuksesan adalah tidak takut pada kegagalan. Kegalalan adalah cermin untuk memperbaiki diri dan jembatan menuju sukses. Kegagalan membuat manusia menjadi matang dan besar, sebab kegagalan akan menjadi bahan kajian untuk membenahi diri. Kegagalan tidak akan bermakna, bila dijadikan tumbal dalam menitai nasib. Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang atau pekerja. Akibatnya mereka pesimis dan putus asa. Berserah diri pada Tuhan Yang Menentukan Nasib.

Bagi orang lemah, Kekalahan atau kegagalan adalah racun yang mematikan. Bagi orang kuat, Kegagalan adalah tangga menuju kemenangan. Falsafah ini dipakai oleh Napoleon Bonaparte, "Begitu aku mengalami kekalahan, maka aku akan mendapatkan cara untuk meraih kemenangan". inilah Prinsip yang membuat Bonaparte menjadi Tokoh yang dicatat sejarah dunia.

Berikut adalah cara 5B dalam menghadapi kegagalan :
  • Bersabar dan Konsisten
Dalam mencapai kesuksesan kita harus  Sabar dan Konsisten. Orang sering salah paham dalam mengartikan sabar dan konsisten. Akibatnya salah berperilaku, menjadi malas, pasif, pasrah pada takdir, dan mau hidup dibawah kezaliman. Perlu disadari , kesabaran dan konsistensi adalah kunci kesuksesan.
Sebagian orang berpandangan, konsisten adalah faktor nomor dua dalam meraih kesuksesan setelah bekerja dan berusaha. Pandangan yang keliru, sebab, seluruh faktor itu saling berkaitan, dan tidak terpisahkan satu sama lain. Ketika seseorang hanya punya semangat tetapi tidak mempunyai konsistensi, mereka akan lebih mudah putus asa ketika menghadapi masalah. Karena mereka tidak mempunyai motivasi untuk bertahan.
ketika sukses tak kunjung datang, bukan berarti kita gagal mencapai sukses. seperti pepatah orang jawa " Alon - Alon waton kelakon " ( Pelan - pelan asal berhasil ). kita juga bisa belajar dari semut, yang ingin naik tiang lampu di pinggir jalan. Walaupun kecil, semut memiliki semangat yang kuat, menelusuri jalan yang panjang dan menanjak. menahan dari licin dan jatuh dari tiang. tetapi ia tetap sabar, bersemangat, untuk naik keatas tiang. dan karena konsisten, semut sampai juga di atas puncak tiang.
  • Belajar dari Kegagalan
 Semua kejadian yang dialami baik maupun buruk mempunyai hikmah yang dapat kita jadikan panduan. Karena dengan kegagalan kita akan mencoba belajar dan mencari cara agar tidak terjatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya.
  • Bercermin
Selain sebagai ilmu, Kegagalan juga dapat digunakan sebagai cermin tempat berkaca dan mengevaluasi diri atas tindakan yang telah dilakukan.
  • Berubah
Meninggalkan sistem kerja lama, menggantikan dengan sistem baru, sistem yang sesuai dengan perencanaan dan mencapai target.
  • Belajar Pada senior
Belajarlah dari teman yang pernah menghadapi kegagalan yang sama. Karena mereka lebih tahu cara mengetasi kegagalan. janganlah merasa malu dan minder ketika kita mengalami kegagalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar